Kisah Mosez Yigibalom, Petani Kopi Asal Lanny Jaya

Kisah Mosez Yigibalom, Petani Kopi Asal Lanny Jaya
Moses Yigibalom, Petani Kopi Lanny Jaya

Lanny Jaya, -Sejak dulu kopi sudah ada di Tiom sejak tahun 1998 sampai saat ini. Dahulu  saya tidak mengenal kopi di mata saya sendiri selalu di angap itu hanya seperti tanaman hias, dahulu dari tahun 2000 saya masi ingat dengan harga yang begitu mura dengan harga perkilo 5.000 dan sampai itu 2001 haraga kopi 10.000  itu saja saya masih kecil dan saya sering paneng kopi dan jualan kepada pendatang untuk untuk beli lem Aibon.Tulis Mosez Yigibalom dinding akun Facebooknya

Dari beberapa tahun saya tinggalkan kampung halaman karena pendidik dan menempuh ilmu. Pada tahun 2016 saya balik ke tiom itu bukan  lagi disebut tiom tetapi  sudah di sebut Kabupaten Lanny Jaya kemudian   saya balik  tahun 2016 banyak sosialisasi yang di lakukan di penadah  kopi dan petani kopi dengan harga perkilo dengan 25 000.

Dengan berjalan itu saya merasa tersiksa dengan harga kopi yang di jual ke pendatang saya merasa sangat  di rugikan dengan harga jual yang murah, hal itu membuat bagimana harus membudidayakan masyarakat yang mempunyai mata pencarian di kopi.Kesejhatraan itu di bentuk dari kita anak putra daerah sendiri maka hati tergerak dengan modal nekat sosialisasi ke petani kopi dengan haraga kopi 45.000  disisi  itu tampa modal bantuan dari siap pun, itu pada tahun 2016  pada tahun 2018 saya mempertahankan haraga  kopi dengan 55. 000 itu harga gaba dan haraga kopi greebin dengan 95.000  maka, disisi  itu saya sadar bahwa petani bisa mandiri dan bisa kerja keras dengan melihat ekonmi  semakin sejahtrah.

Bagi petani kopi dalam hal ini saya sebenarnya bukan barista bukan peroster bukan orang yang mengerti kopi tetapi saya belajar  bagimana mengenal kopi dengan mengelola kopi dengan metode  yang benar, saya tidak paham  dengan namanya kopi dan di sisi itu saya sebagai  petani  kopi juga mempunyai  kebung  kopi sendiri tidak mengerti  dengan namanya  kopi tetapi  Tuhan  ijikan saya untuk ada di petani kopi itu lah cara Tuhan yang tidak pernah  dipikir oleh manusia, Tuhan sediakan semua, jangan abaikan hasil bumi kita dimana kita kerja dengan hati dan kerja dengan air mata maka disitu lah ada hasil. 

Cerita ini ditulis Petani Kopi asal Lanny Jaya Mosez Yigibalom, Cerita ini sempat Viral di beberbagai Grup media sosial Facebook dan Whatsap. (AW)

Moses Yigibalom Asal Lanny Jaya Petani Kopi
akia wenda

akia wenda

Previous Article

Tingkatkan Kreatifitas Fotografi di Luar...

Next Article

Sidang Raker Satu Baptis Wilayah Tabi, Satu...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 29

Postingan Tahun ini: 594

Registered: Jan 25, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 49

Registered: Jan 20, 2021

Asridal

Asridal verified

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 15

Registered: Aug 25, 2021

Wahyudi Arif Firmanto

Wahyudi Arif Firmanto

Postingan Bulan ini: 8

Postingan Tahun ini: 29

Registered: Aug 14, 2021

Profle

Wahyudi Arif Firmanto

Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Lampung di Sambut Pangdam II/Sriwijaya
Calon Kumtua Hendrik Mononimbar Figur Yang Humanis
Kasat Reskrim Polres Kota Batu Iptu Yussi Purwanto.SH.MH, Wujudkan Kota Batu Aman dan Kondusif
Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Acara Tradisi Laporan Korps, Penyerahan Jabatan Asren Divif 2 Kostrad dan Sertijab Pamen Divif 2 Kostrad

Follow Us

Recommended Posts

DPD KNPI Gelar Rapimpurda Libatkan OKP dan Pengurus DPD Se Papua
10 AKAR SEJARAH KONFLIK KEKERASAN NEGARA DI PAPUA
Alasan Covid- 19, Pertandingan Futsal HUT KNPI Bakal Dilanjutkan Minggu Ini
Warga Kampung Mawesday dan Mawesmukti Minta Alumni Semarang Terus Berkarya Untuk Tanah Papua
Alumni Semarang Lakukan Pengobatan Masal,Bhati Sosial dan pmt di Distrik Bonggo Timur-Sarmi Jayapura